Cara uninstall program pada Windows 10 tidaklah sesulit yang kita pikirkan. Tidak dipungkiri bahwa navigasi Windows 10 sangat berbeda dengan versi Windows lainnya. Namun, fitur search (pencarian) masih disematkan pada Windows 10 ini. Banyak pengguna yang baru mengupgrade windows-nya ke Windows 10 kebingungan karena belum terbiasa dengan sistem navigasi dan fitur-fitur yang ada dalam Windows 10 ini.

Ada beberapa perubahan tata letak fitur dan juga ada penambahan beberapa fitur contohnya Cortana. Yup! Cortana, sang asisten, tidak pernah ada pada versi Windows pendahulunya. Cortana membantu kita mencari fitur-fitur yang disembunyikan oleh Windows 10. Kenapa disembunyikan? Karena Windows 10 mengusung kesederhanaan atau minimalis dari versi windows para pendahulunya.

Cara Uninstall Program Pada Windows

Kita terbiasa mengakses Control Panel untuk uninstall program pada windows. Namun untuk mengakses Control Panel pada Windows 10 ini, tidak bisa langsung klik setelah kita klik ikon bendera Windows. Lalu bagaimana cara mengakses Control Panel ini? Gunakan fitur pencarian (search) atau Cortana.

Klik Cortana dan ketik Control Panel pada field pencarian. Jendela Control Panel akan muncul. Pilihlah Programs and Features. Nah, dari sini kamu tinggal memilih program mana yang ingin kamu uninstall.
Catatan: Sekedar saran, tempatkan Cortana pada toolbar memudahkan kita dalam pencarian file dan lain-lain.

Tidak ketemu Programs and Features? Ubahlah View by di pojok kanan atas jendela Control Panel menjadi Small icons atau Large icons.

Kredit gambar: thailivetile.com